my marketing management's lecturer gave us task to do , that is to analyze the marketing mix of organization that you choose to analyze .
Due to the deadline in this afternoon , better and faster I posted with Indonesian language
Setiap perusahaan ataupun organisasi pasti punya yang namanya strategi pemasaran , karena buat mereka yang mau usahanya berkembang , mereka harus membuat suatu strategi untuk ekspansi bisnisnya dan menarik perhatian dari para konsumen .
Nah , kali ini saya tertarik untuk membahas tentang strategi pemasarannya Pringsewu Restaurant Group
Pringsewu adalah rumah makan berkonsep taman di bawah naungan Pringsewu Group.
Salah satu ciri khas rumah makan Pringsewu adalah lokasinya yang sebagian besar tersebar di jalur Pantura dan beberapa di jalur Pantai Selatan.
Dan ternyata perkembangan restoran ini pun berkembang pesat , walaupun konsumennya termasuk passing guest , tamu yang lewat atau biasanya yang sedang dalam perjalanan mudik.
Pringsewu menawarkan makanan makanan khas Indonesia , chinese food dan lainnya
Dari basic info tentang Pringsewu , sekarang kita lihat nih target audiencenya
Target audience : pemudik atau pelancong yang melewati jalur pantura , baik laki maupun perempuan
Demografis :
-Lokasi penjualan : sekitar jalur mudik yaitu jalur pantura dan jalur pantai selatan
-Kelas ekonomi : menengah , menengah ke atas
Psikografis :
-Menyukai hal hal yang praktis termasuk makanan
Behavioristis :
-Orang orang yang sedang dalam perjalanan mudik
-Gemar menjadikan restoran ataupun tempat makan sebagai ajang berkumpul dan beristirahat melepas lelah
Yang menarik dari strategi pemasarannya adalah
( salah satu road sign Pringsewu cabang Sumpiuh)
(surprise ulang tahun dari para karyawan Pringsewu)
(bibit pohon gratis untuk pelanggan)
- Pringsewu menarik perhatian para pemudik ataupun pelancong dengan memberikan road sign sepanjang 10km sebelum mendekati restoran Pringsewu terdekat. Road sign inipun di desain dengan warna kuning dan kata kata yang menarik perhatian .
-Di beberapa cabang restoran Pringsewu yang berkonsep taman ini juga menyediakan alat permainan seperti egrang , ayunan , sepeda , sepeda tandem yang membuat pelancong yang membawa anak-anak bisa nyaman dan betah bermain di Pringsewu .
-Atraksi sulap gratis juga salah satu cara marketing Pringsewu untuk anak anak
-Kejutan ulang tahun sebagai reward bagi pelanggan yang sedang berulang tahun . Jika seorang tamu sedang berkunjung ke Pringsewu di bulan ulang tahunnya . Pringsewu akan menyediakan surprise bagi Anda , beberapa karyawan secara serempak seperti arak-arakan akan datang sambil menyanyikan lagu untuk Anda . Dan sebagai hadiahnya akan mendapatkan free juice dan Pringsewu akan mengabadikan momen Anda dalm sebuah foto.
-Untuk mendukung kampanye go green , Pringsewu pun ikut melakukan aksi penghijauan . Yaitu menyediakan bibit pohon gratis untuk dibawa pulang oleh pelanggannya .
Kekurangan dari strategi pemasaran Pringsewu ada dalam ekspansinya via media online seperti twitter , facebook ataupun webnya .
Nah tadi itu analisa saya tentang Pringsewu Restaurant Grup .
Kalau dikasih kesempatan untuk berusaha , saya akan mulai berusaha dalam bisnis kuliner . Kenapa ? karena bisnis kuliner tidak membutuhkan modal yang besar , dan alasan utama karena setiap orang pasti butuh makan .Oleh karena itu bisnis kuliner mempunyai potensi yang besar apalagi kota Bandung yang terkenal sebagai kota wisata kuliner.
Saya akan membuat cafe ataupun warung makan bernama iTaste . Tidak hanya mengutamankan makanan tetapi juga desain interior yang membuat para pelanggan tertarik untuk datang ke iTaste .
Produk yang akan saya tawarkan adalah pancake dengan berbagai topping , spaghetti , burger dan smoothies karena makanan ini cenderung mudah dibuat dan divariasikan rasanya .
Segmentasi pasar
Demografis :
-Jenis kelamin : laki laki dan perempuan
-Usia : 12-35 tahun
-Lokasi penjualan : pusat kota
-Kelas ekonomi : menengah , menengah ke atas
Psikografis :
-Menyukai makanan praktis
-Gaya hidup modern
Behavioristis :
-Gemar menjadikan restoran ataupun tempat makan sebagai ajang berkumpul
Dari analisa saya tentang Pringsewu Restaurant Group dan strategi pemasarannya yang unik dan menarik .
Saya mungkin akan mencontoh strategi seperti birthday surprise dan memberikan pelanggan yang berulang tahun pilihan makanan atau minuman gratis . Karena tidak hanya mengutamakan rasa makanan tetapi juga menjadikan pelanggan mempunyai momen yang indah saat di iTaste
Dan juga seperti road sign yang unik dan nyentrik . Karena memudahkan pelanggan yang tertarik dengan iTaste via update status teman ataupun obrolan ringan bisa dengan mudah menemukan iTaste tanpa harus kesasar jauh jauh.
Sekian analisa dan business plan saya untuk tugas Marketing Management :D
Luh Ayu Paramita Dewi
111400308
MBTI H 2011
Dear Mbak Ayu Paramita
ReplyDeleteSalam sejahtera kami sampaikan, semoga dalam menjalankan aktivitas kita senantiasa mendapatkan perlindungan dari Tuhan Yang Maha Esa, Amin.
Kami sampaikan ucapan terimakasih sebesarnya atas analisa mengenai Marketing Management dari Pringsewu Restaurant Group. Hal yang melecut kami untuk senantiasa berkembang dan makin berinovasi lebih baik lagi dari sisi manajemen pemasaran, khususnya online.
Saat ini Secara Group kami telah memiliki akun di beberapa media social network, khususnya yang populer yaitu Facebook dan Twitter. Begitu pula dengan seluruh cabang-cabang kami. Mbak Ayu mungkin dapat mengunjungi facebook, twitter maupun website kami, sekaligus jika berkenan menjadi teman maupun follower kami (and we'll follow you back ;)) dan sekali lagi memberikan review maupun analisis mengenai bisnis kami.
Terimakasih sekali lagi kami ucapkan dan sukses selalu.
Salam Hangat
Pringsewu Restaurant Group